RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs Sabilissalam
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Melaksanakan tata cara Sujud diluar shalat
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan ketentuan Sujud syukur dan tilawah
C. Indikator
· Menjelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya
· Menyebutkan tata cara Sujud syukur
· Menyebutkan do’a Sujud syukur
D. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya
§ Siswa dapat menyebutkan tata cara Sujud syukur
§ Siswa dapat menyebutkan do’a Sujud syukur
E. Materi Pembelajaran
§ Sujud syukur
F. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Uraian Kegiatan | Waktu | PBKB |
1 | Kegiatan awal : Apersepsi : · Berdoa sblm belajar § Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi Sujud syukur dan tilawah Motivasi : § Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari | 10 menit | - Religius - Rasa ingin tahu |
2 | Kegiatan Inti : § Siswa membaca literatur/referensi tentang Sujud syukur dan tilawah. (fase eksplorasi) § Siswa mengamati demonstrasi guru tentang Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase eksplorasi) § Membuat bagan Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase elaborasi) § Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi) § Salah seorang siswa mempraktekkan Sujud syukur dan tilawah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi) § Penguatan tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah (fase konfirmasi) | 60 Menit | - Kemahiran membaca - Saling menghargai - Rasa ingin tahu - Peduli sosial |
3 | Kegiatan akhir : § Tanya jawab tentang materi Sujud syukur dan tilawah. § Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian Sujud syukur dan tilawah untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit | - Peduli sosial - Rasa ingin tahu |
H. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud syukur
I. Penilaian
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya § Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab Sujud syukur § Siswa dapat mempraktekkan Sujud syukur | Tes tulis Tes tulis Performan | Uraian Uraian | § Jelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya! § Jelaskan sebab-sebab Sujud Syukur! |
Mengetahui, Baregbeg, Juli 2011
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi
Tatang Suryamiharja N. Mimin Hermina, S.Ag
NIP. NIP. 195711201989032001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs Sabilissalam
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Melaksanakan tata cara Sujud diluar shalat
B. Kompetensi Dasar
1.2 Mempraktekkan Sujud syukur dan tilawah
C. Indikator
· Melafalkan bacaan sujud tilawah
D. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian Sujud tilawah dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab Sujud tilawah
§ Siswa dapat menyebutkan do’a Sujud tilawah
E. Materi Pembelajaran
§ Sujud tilawah
F. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Uraian Kegiatan | Waktu | PBKB |
1 | Kegiatan awal : Apersepsi : § Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi Sujud syukur dan tilawah Motivasi : § Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari | 10 menit | - Religius - Rasa ingin tahu |
2 | Kegiatan Inti : § Siswa membaca literatur/referensi tentang Sujud syukur dan tilawah. (fase eksplorasi) § Siswa mengamati demonstrasi guru tentang Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase eksplorasi) § Membuat bagan Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase elaborasi) § Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi) § Salah seorang siswa mempraktekkan Sujud syukur dan tilawah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi) § Penguatan tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah (fase konfirmasi) | 60 Menit | - Kemahiran membaca - Saling menghargai - Rasa ingin tahu - Peduli sosial |
3 | Kegiatan akhir : § Tanya jawab tentang materi Sujud syukur dan tilawah. § Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian Sujud syukur dan tilawah untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit | - Peduli sosial - Rasa ingin tahu |
H. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud Tilawah
I. Penilaian
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian Sujud Tilawah § Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab Sujud Tilawah § Siswa dapat melafalkan bacaan dalam Sujud Tilawah § Siswa dapat melafalkan bacaan Sujud tilawah § Siswa dapat mendemonstrasikan Sujud Tilawah | Tes tulis Tes lisan Tes lisan Tes lisan Unjuk kerja | Uraian Uraian Uraian | § Jelaskan pengertian Sujud Tilawah! § Sebutkan sebab-sebab Sujud Tilawah! § Sebutkan lafal bacaan Sujud tilawah! |
Mengetahui, Baregbeg, Juli 2011
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi
Tatang Suryamiharja N. Mimin Hermina, S.Ag
NIP. NIP. 195711201989032001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs Sabilissalam
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
2. Memahami tatacara puasa
B. Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan ketentuan puasa
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan syarat dan rukun puasa
§ Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa
§ Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang mrmbatalkan puasa
D. Materi Pembelajaran
§ Puasa
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian puasa
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Uraian Kegiatan | Waktu | PBKB |
1 | Kegiatan awal : Apersepsi : § Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi puasa Motivasi : § Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar puasa dan tatacaranya. | 10 menit | - Religius - Rasa ingin tahu |
2 | Kegiatan Inti : § Siswa membaca literatur/referensi tentang puasa. (fase eksplorasi) § Siswa mengamati demonstrasi guru tentang puasa dan tatacaranya (fase eksplorasi) § Membuat bagan puasa dan tatacaranya (fase elaborasi) § Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi) § Penguatan tentang pengertian puasa (fase konfirmasi) | 60 Menit | - Kemahiran membaca - Saling menghargai - Rasa ingin tahu - Peduli sosial |
3 | Kegiatan akhir : § Tanya jawab tentang materi puasa. § Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian puasa untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit | - Peduli sosial - Rasa ingin tahu |
G. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD.
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
H. Penilaian
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa dan dalilnya. § Siswa dapat menjelaskan syarat dan rukun puasa. § Siswa dapat menjelaskan amalan yang di sunah waktu berpuasa § Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa § Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang mrmbatalkan puasa § Siswa dapat melafalkan do`a berbuka puasa | Tes tulis Tes lisan Tes lisan Tes lisan | Uraian Uraian | § Jelaskan pengertian puasa dan dalilnya! § Sebutkan syarat dan rukun puasa! § Sebutkan amalan yang di sunah waktu berpuasa! |
Mengetahui, Baregbeg, Juli 2011
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi
Tatang Suryamiharja N. Mimin Hermina, S.Ag
NIP. NIP. 195711201989032001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs Sabilissalam
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
2. Memahami tatacara puasa
B. Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan macam-macam puasa
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan hukum puasa Ramadlan dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya
§ Siswa dapat menyebutkan amalan sunah sertta hal-hal yang dilarang pada bulan
§ Siswa dapat menjelaskan kafarat bagi orang melanggar larangan puasa Ramadlan dan dalilnya
D. Materi Pembelajaran
§ Puasa Ramadhan
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian puasa
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Uraian Kegiatan | Waktu | PBKB |
1 | Kegiatan awal : Apersepsi : § Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi puasa Motivasi : § Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar puasa dan tatacaranya. | 10 menit | - Religius - Rasa ingin tahu |
2 | Kegiatan Inti : § Siswa membaca literatur/referensi tentang puasa. (fase eksplorasi) § Siswa mengamati demonstrasi guru tentang puasa dan tatacaranya (fase eksplorasi) § Membuat bagan puasa dan tatacaranya (fase elaborasi) § Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi) § Penguatan tentang pengertian puasa (fase konfirmasi) | 60 Menit | - Kemahiran membaca - Saling menghargai - Rasa ingin tahu - Peduli sosial |
3 | Kegiatan akhir : § Tanya jawab tentang materi puasa. § Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian puasa untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit | - Peduli sosial - Rasa ingin tahu |
G. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD.
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
H. Penilaian
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
§ Siswa dapat menjelaskan hukum puasa Ramadlan dan dalilnya § Siswa dapat menjelaskan cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya § Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya § Siswa dapat menjelaskan amalan sunah sertta hal-hal yang dilarang pada bulan Ramadlan dan dalilnya § Siswa dapat menjelaskan kafarat bagi orang melanggar larangan puasa Ramadlan dan dalilnya | Tes tulis Tes lisan Tes lisan Tes lisan | Uraian Uraian | § Jelaskan hukum puasa Ramadlan dan dalilnya! § Jelaskan cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya! § Jelaskan amalan sunah sertta hal-hal yang dilarang pada bulan Ramadlan dan dalilnya! |
Mengetahui, Baregbeg, Juli 2011
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi
Tatang Suryamiharja N. Mimin Hermina, S.Ag
NIP. NIP. 195711201989032001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs Sabilissalam
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
2. Memahami tatacara puasa
B. Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan macam-macam puasa
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa Nadzar dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan hukum puasa nadzar
§ Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab terjadinya puasa nadzar
D. Materi Pembelajaran
§ Puasa Nadzar
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian puasa
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Uraian Kegiatan | Waktu | PBBKB |
1 | Kegiatan awal : Apersepsi : § Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi puasa Motivasi : § Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar puasa dan tatacaranya. | 10 menit | - Religius - Rasa ingin tahu |
2 | Kegiatan Inti : § Siswa membaca literatur/referensi tentang puasa. (fase eksplorasi) § Siswa mengamati demonstrasi guru tentang puasa dan tatacaranya (fase eksplorasi) § Membuat bagan puasa dan tatacaranya (fase elaborasi) § Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi) § Penguatan tentang pengertian puasa (fase konfirmasi) | 60 Menit | - Kemahiran membaca - Saling menghargai - Rasa ingin tahu - Peduli sosial |
3 | Kegiatan akhir : § Tanya jawab tentang materi puasa. § Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian puasa untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit | - Peduli sosial - Rasa ingin tahu |
G. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD.
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
H. Penilaian
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa Nadzardan dalilnya § Siswa dapat menjelaskan hukum puasa nadzar § Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab terjadinya puasa nadzar | Tes tulis Tes lisan | Uraian Uraian | § Jelaskan pengertian puasa Nadzardan dalilnya! § Jelaskan hukum puasa nadzar! § Jelaskan sebab-sebab terjadinya puasa nadzar! |
Mengetahui, Baregbeg, Juli 2011
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi
Tatang Suryamiharja N. Mimin Hermina, S.Ag
NIP. NIP. 195711201989032001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs Sabilissalam
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
2. Memahami tatacara puasa
B. Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan macam-macam puasa
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa sunah dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan macam-macam puasa sunah
§ Siswa dapat menjelaskan hari-hari yang disunahkan dan diharamkan berpuasa
D. Materi Pembelajaran
§ Puasa Sunah
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian puasa
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Uraian Kegiatan | Waktu | PBKB |
1 | Kegiatan awal : Apersepsi : § Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi puasa Motivasi : § Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar puasa dan tatacaranya. | 10 menit | - Religius - Rasa ingin tahu |
2 | Kegiatan Inti : § Siswa membaca literatur/referensi tentang puasa. (fase eksplorasi) § Siswa mengamati demonstrasi guru tentang puasa dan tatacaranya (fase eksplorasi) § Membuat bagan puasa dan tatacaranya (fase elaborasi) § Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi) § Penguatan tentang pengertian puasa (fase konfirmasi) | 60 Menit | - Kemahiran membaca - Saling menghargai - Rasa ingin tahu - Peduli sosial |
3 | Kegiatan akhir : § Tanya jawab tentang materi puasa. § Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian puasa untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit | - Peduli sosial - Rasa ingin tahu |
G. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD.
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
H. Penilaian
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa sunah § Siswa dapat menjelaskan macam-macam puasa sunah § Siswa dapat menjelaskan hari-hari yang disunahkan berpuasa § Siswa dapat menyebutkan hari-hari yang diharamkan dan dimakruhkan berpuasa | Tes tulis Tes lisan | Uraian Uraian | § Jelaskan pengertian puasa sunah ! § Sebutkan macam-macam puasa sunah ! § Jelaskan hari-hari yang disunahkan, diharamkan dan dimakruhkan berpuasa! |
Mengetahui, Baregbeg, Juli 2011
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi
Tatang Suryamiharja N. Mimin Hermina, S.Ag
NIP. NIP. 195711201989032001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs Sabilissalam
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3. Melaksanakan tatacara zakat
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat maal
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan syarat wajib zakat Fitrah
§ Siswa dapat menjelaskan waktu mengeluarkan zakat Fitrah
§ Siswa dapat menunjukkan ukuran zakat Fitrah
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian maal dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan syarat wajib zakat maal
§ Siswa dapat enjelaskan waktu mengeluarkan zakat maal
§ Siswa dapat menghitung zakat harta yang wajib dikeluarkan (pertanian, Emas, maadin)
D. Materi Pembelajaran
§ Zakat Fitrah dan zakat maal
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian zakat
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Uraian Kegiatan | Waktu | PBKB |
1 | Kegiatan awal : Apersepsi : § Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi zakat Motivasi : § Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar zakat dan tatacaranya. | 10 menit | - Religius - Rasa ingin tahu |
2 | Kegiatan Inti : § Siswa membaca literatur/referensi tentang zakat. (fase eksplorasi) § Siswa mengamati demonstrasi guru tentang zakat dan tatacaranya (fase eksplorasi) § Membuat bagan zakat dan tatacaranya (fase elaborasi) § Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi) § Penguatan tentang pengertian zakat (fase konfirmasi) | 60 Menit | - Kemahiran membaca - Saling menghargai - Rasa ingin tahu - Peduli sosial |
3 | Kegiatan akhir : § Tanya jawab tentang materi zakat. § Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian zakat untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit | - Peduli sosial - Rasa ingin tahu |
G. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD.
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
H. Penilaian
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat dan dalilnya § Siswa dapat menjelaskan syarat wajib zakat Fitrah § Siswa dapat menjelaskan waktu mengeluarkan zakat Fitrah § Siswa dapat menunjukkan ukuran zakat Fitrah § Siswa dapat menjelaskan pengertian maal dan dalilnya § Siswa dapat menjelaskan syarat wajib zakat maal § Siswa dapat menjelaskan waktu mengeluarkan zakat maal § Siswa dapat menghitung zakat harta yang wajib dikeluarkan (pertanian, Emas, maadin) | Tes tulis Tes lisan | Uraian Uraian | § Jelaskan pengertian zakat dan dalilnya! § Sebutkan syarat wajib zakat Fitrah ! § Jelaskan pengertian maal dan dalilnya! |
Mengetahui, Baregbeg, Juli 2011
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi
Tatang Suryamiharja N. Mimin Hermina, S.Ag
NIP. NIP. 195711201989032001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs Sabilissalam
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3. Melaksanakan tatacara zakat
B. Kompetensi Dasar
3.2 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat maal dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan orang yang berhak menerima (mustahiq) zakat Fitrah
§ Siswa dapat menjelaskan macam-macam harta yang wajib dizakati
§ Siswa dapat syarat harta yang wajib dizakati
§ Siswa dapat menjelaskan mustahiq zakat harta
D. Materi Pembelajaran
§ Mustakhiq zakat
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian zakat
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Uraian Kegiatan | Waktu | PBKB |
1 | Kegiatan awal : Apersepsi : § Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi zakat Motivasi : § Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar zakat dan tatacaranya. | 10 menit | - Religius - Rasa ingin tahu |
2 | Kegiatan Inti : § Siswa membaca literatur/referensi tentang zakat. (fase eksplorasi) § Siswa mengamati demonstrasi guru tentang zakat dan tatacaranya (fase eksplorasi) § Membuat bagan zakat dan tatacaranya (fase elaborasi) § Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi) § Penguatan tentang pengertian zakat (fase konfirmasi) | 60 Menit | - Kemahiran membaca - Saling menghargai - Rasa ingin tahu - Peduli sosial |
3 | Kegiatan akhir : § Tanya jawab tentang materi zakat. § Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian zakat untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit | - Peduli sosial - Rasa ingin tahu |
G. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD.
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
H. Penilaian
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
§ Siswa dapat menjelaskan orang yang berhak menerima (mustahiq) zakat Fitrah § Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat maal dan dalilnya § Siswa dapat menjelaskan macam-macam harta yang wajib dizakati § Siswa dapat menjelaskan syarat harta yang wajib dizakati § Siswa dapat menjelaskan mustahiq zakat harta | Tes tulis Tes lisan | Uraian Uraian | § Sebutkan orang yang berhak menerima (mustahiq) zakat Fitrah ! § Sebutkan macam-macam harta yang wajib dizakati! § Jelaskan syarat harta yang wajib dizakati |
Mengetahui, Baregbeg, Juli 2011
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi
Tatang Suryamiharja N. Mimin Hermina, S.Ag
NIP. NIP. 195711201989032001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs Sabilissalam
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3. Melaksanakan tatacara zakat
B. Kompetensi Dasar
3.3 Mempraktekkan pelaksanaan zakat fitrah dan maal
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menghitung zakat harta
§ Siswa dapat memperagakan menjadi panitia zakat
D. Materi Pembelajaran
§ Praktek Bazis
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian zakat
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Uraian Kegiatan | Waktu | PBKB |
1 | Kegiatan awal : Apersepsi : § Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi zakat Motivasi : § Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar zakat dan tatacaranya. | 10 menit | - Religius - Rasa ingin tahu |
2 | Kegiatan Inti : § Siswa membaca literatur/referensi tentang zakat. (fase eksplorasi) § Siswa mengamati demonstrasi guru tentang zakat dan tatacaranya (fase eksplorasi) § Membuat bagan zakat dan tatacaranya (fase elaborasi) § Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi) § Penguatan tentang pengertian zakat (fase konfirmasi) | 60 Menit | - Kemahiran membaca - Saling menghargai - Rasa ingin tahu - Peduli sosial |
3 | Kegiatan akhir : § Tanya jawab tentang materi zakat. § Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian zakat untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit | - Peduli sosial - Rasa ingin tahu |
G. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD.
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
H. Penilaian
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
§ Siswa dapat menghitung zakat harta § Siswa dapat mendemostrasikan menjadi panitia zakat | Tes tulis Unjuk kerja | Uraian Uraian | § Jelaskan cara menghitung zakat harta! |
Mengetahui, Baregbeg, Juli 2011
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi
Tatang Suryamiharja N. Mimin Hermina, S.Ag
NIP. NIP. 195711201989032001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar